Visits

Saturday, October 15, 2016

Crazy Rich Asians

[A review of Crazy Rich Asians. I read the book in Indonesian, so I wanted to do the review in Indonesian too 😅. If interested, just copy and paste in Google Translate.]

Seorang wanita menemukan sms di ponsel suaminya. RINDU KAU DI DLMKU. Kemudian, dia menemukan nota dari restoran mewah di Hong Kong. Dia bertanya-tanya kalau suaminya beselingkuh. Siapa wanita itu (dasar pelacur!). Seperti apa dia?

"Dia membayangkan Michael duduk ruang bercahaya lilin di puncak Hotel Island Shangri-La, menatap keluar ke kilau cahaya pelabuhan Victoria Harbour, menikmati makan malam romantis dengan wanita yang mengirimkan pesan itu. Mereka mulai dengan Burgundy kualitas tinggi dari Cote d'Or dan ditutup dengan souffle cokelat pahit hangat untuk berdua (dengan krim kemon beku)."

😅

Detail-detail bisa sangat penting! Tempat, suasana, jenis anggur!

Orang laki-laki charters pesawat pribadi temanya untuk tiga penerbangan terpisah ke Taiwan karena dia nggak mau semua orang dari keluarga mati pada saat yang sama jika ada kecelakaan. Seorang harus bertahan hidup untuk mewarisi kekayaan keluarga.

Di Paris, Astrid berbelanja di boutique 1st class. Nggak ada biaya dengan baju manapun, kalau perlu tahu harganya, jelas nggak punya uang yang cukup. Pramuniaga di toko itu belum pernah lihat wanita Cina ini, jadi dia mengabaikanya. Kapan Charlie, pacar baru Astrid, cari tahu, mereka kembali ke toko itu.

"Memilih sepuluh gaun," ujar Charlie. "Nunggu - ambil dua puluh! Aku menelpon bankir-ku sekarang juga!"

Menghabiskan uang dengan cara Charlie Wu, pikir Astrid, benar-benar mengasyikkan--jujur saja, rasanya lebih nikmat daripada bercinta.

Ini adalah gaya hidup Cina yang super kaya - yang tinggal di Singapora, di Malaysia, di Taiwan, di New York, di Paris - di seluruh dunia - dicat dengan humor dan persepsi dalam novel ini dari Michael Kwan, Crazy Rich Asians. Ini adalah cerita tentang kekayaan yang tak terhitung, tata krama, tradisi, budaya, dari dunia lama dan dunia baru, kekayaan lama dan kekayaan baru, tentang kesederhanaan  ekses dan ekses kesederhanaan, dan tentang hal-hal yang kekal dan hal-hal yang hanya sementara.

Lucu, menarik, informatif dan mengejutkan, aku benar-benar menikmati buku ini.

"Ku-katakan padamu, yang disebut 'kekayaan' ini akan menjadi kejatuhan Asia. Setiap generasi baru menjadi lebih malas daripada yang sebelumnya. Mereka pikir mereka bisa membuat keuntungan dalam semalam hanya dengan menjual properti dan mendapatkan tip-tip terbaru di bursa saham. Ha! Tidak ada yang abadi, dan ketika ledakan ini berakhir, anak-anak muda ini tidak akan tahu apa yang menjatuhkan mereka."

Ayat favorit saya.

No comments: